PT Telkom Indonesia Tbk adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Struktur organisasi perusahaan ini ialah sebagai berikut.
Pada bagan paling atas terdapat jabatan General Manager yang membawahi lima jabatan lain, yaitu Manager Acces Area, Manager Operation, Manager Outsourching, Manager Optimalisasi, dan Manager Gudang. MAnager Acces Area membawahi enam jabatan lain, yaitu Asman CCA, Asman CAM, Asman MFRAM, Asman Daman, Asman CPE, dan Asman TOS. Khusus jabatan Asman CPE membawahi dua jabatan lain, yakni SVP CPE dan SVP Public Phone. (Asman= Asisten Manager)
- General Manager
a. Mampu menjamin tercapainya terget kinerja jaringan Copper & DSL Acces Network dan mengimplementasikan kebijakan manajemen operasi dan pemeliharaan sistem jaringan.
b. Mampu menjamin tercapainya target kinerja sistem CPE dan mengimplementasikan kebijakan manajemen operasi dan pemeliharaan sistem.
c. Mampu mengevaluasi, mengukur, memodifikasi prosedur/sistem customer handling untuk tercapainya efektifitas customer handling untuk tiap segmen pelanggan.
d. Mampu mengembangkan kriteria pekerjaan outsourcing eksisting dengan mempertimbangkan kapabilitas internal dan eksternal sejalan dengan perubahan lingkungan bisnis yang kompetitif dan turbulens. - Manager Acces Area (contoh dari area Medan)
a. Monitoring anggaran operasional akses Medan.
b. Monitoring kelancaran operasional di lapangan se-Medan.
c. Menjustifikasi/memutuskan hal-hal yang urgent untuk dieksekusi. - Manager Operational
a. Merencanakan sasaran dan ruang lingkup project serta merinci aktivitas project dan menjadwalnya. Mampu melakukan monitoring dan reporting pelaksanaan project.
b. Mengevaluasi kinerja sistem Copper & DSL Access Network dan memberikan solusi optimalisasi sistem.
c. Mengevaluasi kinerja sistem CPE dan memberikan solusi optimalisasi sistem.
d. Menganalisis statistik gangguan dan menyusun program penanganan gangguan layanan pelanggaran secara efisien dan efektif.
e. Menganalisis sistem performansi layanan secara menyeluruh dan membuat rekomendasi solusi peningkatan performansi layanan. - Maneger Outsourcing
a. Mengevaluasi kinerja sistem Copper & DSL Acces Network dan memberikan solusi optimalisasi sistem.
b. Menganalisa dampak penerapan peraturan dan kebijakan yang berlaku.
c. Menganalisa pelaksanaan outsourcing eksisting dan ke depan sesuai dengan strategi kebijakan makro bidang SDM dan lingkungan bisnis.
d. Mengidentifikasi partnership management yang tepat untuk perencanaan dan pengembangan kemitraan/aliansi untuk mendukung strategi perusahaan untuk implementasinya. - Manager Optimalisasi
a. Mengevaluasi kinerja sistem Copper & DSL Access Network dan memberikan solusi optimalisasi sistem.
b. Mengevaluasi kinerja sistem CPE dan memberikan solusi optimalisasi sistem.
c. Mengevaluasi kinerja sistem Optical Acces Network (OAN) dan memberikan solusi optimalisasi sistem.
d. Mengalokasikan sumber daya dan memprediksi utilitas masing-masing sumber daya untuk mencapai sasaran secara optimal. Mampu memprediksi anggaran project.
e. Mengevaluasi disain Wireline Access Network sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan perusahaan serta membuat analisis kapabilitas dan menyusun project plan implementasi. - Manager Gudang
a. Menerapkan perancangan dan implementasi internal control.
b. Melaksanakan pengelolaan Inventory Management.
c. Menyusun produk hukum sesuai metode legal drafting.
d. Menganalisis efektifitas dan efisiensi pengelolaan sumber penerimaan dan penggunaan kas, penyusunan proyeksi kas serta optimalisasi idle cash.
e. Menganalisis proses pengelolaan dokumen sesuai dengan standar yang berlaku.
f. Mampu menganalisis hasil negoisasi dan memelihara hubungan yang positif dengan pihak lain dalam menyelesaikan masalah. - Asman CCA (Customer Corporate Access)
a. Pemeliharaan saluran data dan internet
b. Perbaikan saluran pelanggan cluster
c. Pemeliharaan saluran LC (Led Cenal) - Asman CAM (Cooper Access Maintenance)
a. Pemeliharaan kabel primer dan sekunder tembaga
b. Penanggulangan gangguan kabel primer dan sekunder
c. Pembenahan jaringan - Asman MFRAN (Maintenance Fiber and Radio Access Network)
a. Pemeliharaan kabel Fiber Optik dan radio
b. Penanggulangan gangguan kabel Fiber Optik dan radio
c. Monitoring availability peragkat MSOAN dan MSAN - Asman Daman (Data Manajemen)
a. Purifikasi data jaringan
b. Updating data SISKA
c. Updating gambar skematik - Asman CPE (Customer Premise Equipment)
a. Monitoring pasang baru speedy sudah terinstall dengan baik dan benar.
b. Mengendalikan gangguan speedy agar tetap sesuai tolok ukur.
c. Mengoptimalkan perangkat yang layak untuk broadband. - Asman TOS (Technical Operation Suppot)
a. Mengkompulir kebutuhan material operasional penanggulangan gangguan.
b. Mengendalikan anggaran dan kebutuhan operasional.
c. Validasi BA dari mitra untuk penagihan - SVP CPE
a, Instalasi pasang baru Speedy
b. Penanggulangan gangguan Speedy sampai dengan perangkat pelanggan
c. Administrasi BA pasang baru Speedy (SN Modem, Tanggal Instal, petugas Instal) - SVP Public Phone
a. Pemeliharaan Telepon Umum coin dan kartu
b. Pasang baru Telepon Umum coin dan kartu
c. Memelihara availability perangkat Telepon Umum agar tetap handal 100%
Comments
Post a Comment