Analisa Musik
Nama: Theresella Mercy Wibowo
Anggur Baru
Roh kudus tercurah di tempat ini,
urapanNya yang ajaib
memulihkan umatNya
Roh Kudus tercurah bagi g’rejaNya
membangkitkan umat pilihanNya
Hari inilah harinya Tuhan
saat pembebasan tiba
Belenggu dosa t’lah dipatahkan,
mari bersorak bagi Dia (hei!)
Anggur baru tercurah, penuhi umatNya
dengan sukacita ha ha ha
Minyak baru tercurah, urapi umatNya
nyata kuasaNya
1.
Bentuk
Lagu (Liedform)
Dalam musik, ada
beberapa bentuk lagu berdasarkan bagian-bagian dalam musik itu sendiri. Lagu Anggur Baru merupakan lagu tiga bagian;
biasanya dengan variasi dari arah melodi, irama, dan tangga nada (modulasi).
Dua paragraf
pertama dari lirik lagu di atas berfungsi sebagai bait lagu. Terdapat dua versi
bait. Yang pertama dengan frase awal /Roh
Kudus tercurah di tempat ini/ dan versi kedua dengan frase /Roh Kudus tercurah bagi g’rejaNya/.
Paragraf ketiga
dari lirik lagu di atas berfungsi sebagai bridge
(jembatan) antara bait dan reff.
Paragraf keempat
dari lirik lagu di atas berfungsi sebagai reff.
Dalam bentuk lagu
juga terlihat kalimat-kalimat (periode) dalam musik, berupa kalimat pertanyaan
dan jawaban. Sebagai contoh, frase /Roh
Kudus tercurah bagi g’reja-Nya/ merupakan kalimat pertanyaan (biasanya
diakhiri dengan akor dominan untuk kesan belum selesai), yang kemudian dibalas
dengan kalimat jawaban pada frase /membangkitkan
umat pilihan-Nya/.
2.
Analisis
Motif
Motif lagu adalah unsur dari
sejumlah nada (melodi) yang dipersatukan dengan sebuah gagasan/ide, untuk
diulang atau dikembangkan. Motif ini bisa dianalisis. Dalam lagu Anggur Baru, ada beberapa motif:
-
Kalimat /Roh Kudus tercurah di tempat ini/ dan /Roh Kudus tercurah bagi g’reja-Nya/
menggunakan motif repetisi.
-
Kalimat /Anggur baru tercurah, penuhi umat-Nya/
dan /Minyak baru tercurah, urapi umat-Nya/
menggunakan motif diminuation of the
ambitus.
3.
Progresi
Akor
Tangga nada dasar yang digunakan pada akor yang diberikan adalah tangga
nada F.
Pada bagian Bait I:
I-vii-III-IV-I-ii-V
Pada bagian Bait II:
I-vii-III-ii-V-I
Pada bagian Bridge:
IV-V-iii-vi-ii-V-I
(modulasi ke Ab) III#-V-III-vi-ii-vii-III
Pada bagian Reff:
(kembali ke tangga nada F) I-vi-ii-viib-V
I-vi-ii-V-I
Comments
Post a Comment